|

Anggota Komisi V DPR RI Minta BPK Audit Jalan di Perbatasan

SalehHusin – Kerusakan ruas jalan yang menghubungkan Nunpo dan Saenam di Desa Haumeni Ana,Kecamatan Bikomi Nilulat,Kabupaten Timor Tengah Utara,Nusa Tenggara Timur (NTT),persis di perbatasan antara Indonesia dan Repoblik Democrat Timor Leste (RDTL),rupanya menjadi perhatian serius Anggota Komisi V DPR RI, Saleh Husin.

Ditemui di Kefamenanu ,Saleh Husin mengatakan sangat prihatin terhadap kondisi jalan sepanjang 1,5 km di perbatasan tersebut karena,sudah mengalami kerusakan yang cukup parah padahal belum sebulan rangkum dikerjakan.

Selain kondisi jalan,ia juga mengaku meragukan kwalitas sejumlah jalan tersebut. Karena itu,secara tegas ia meminta Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk segera mengaudit sejumlah jalan di perbatasan tersebut.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi jalan tersebut. Saat kita kesana banyak warga yang mengeluh karena jalan yang belum sebulan rangkum dikerjakan itu sudah mulai rusak. Kita akan mendorong sekaligus meminta BPK dan instansi terkait lainnya untuk segera turun mengaudit jalan-jalan tersebut,terutama yang dananya bersumber dari APBN,”tegasnya.

Disinggung soal bentuk pengawasan terhadap pembangunan infrastruktur yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat, ia mengatakan bentuk pengawasan yang dilakukan oleh DPR yakni akan terus memantau sejumlah pembangunan infrastruktur yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat.

“Kalau ada jalan yang baru dibangun terus langsung rusak, itu tentunya harus diaudit untuk memastikan penyebab kerusakan tersebut. Dan kalau memang kesalahan akibat spesifikasi pelaksanaanya, maka yang harus disalahkan adalah pihak pengelola,” tandasnya.

Saleh mengatakan, pihaknya akan meminta BPK untuk melakukan audit terhadap pembangunan infrastruktur yang ada di perbatasan, terutama yang dibiayai dari APBN.

“Kita akan meminta BPK untuk,mengaudit jalan-jalan di perbatasan yang biayanya bersumber dari APBN,seperti di Sumatra,NTB termasuk di daerah NTT,sehingga tau persis kerusakannya,”pungkasnya. (Deliknews)

Leave a Reply

Weboy