|

Saleh: Usulan Rasionalisasi BURT Harus Disampaikan Secara Resmi

SalehHusin.Com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) diminta menyampaikan secara resmi usulan rasionalisasi Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR dalam forum resmi, misalnya rapat konsultasi Pimpinan DPR dan Pimpinan Fraksi. Hal itu disampaikan anggota BURT dari Fraksi Partai Hanura Saleh Husin.

Menurut Saleh, BURT merupakan salah satu alat kelengkapan Dewan yang kedudukannya setara dengan alat kelengkapan DPR lainnya dan diatur dalam Undang-undang Nomor 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

“Makanya, sampaikan dalam rapat di DPR, misalnya rapat konsultasi pimpinan fraksi dan pimpinan, juga di Bamus (Badan Musyawarah) sehingga bisa dikaji bersama-sama,” kata Saleh, Kamis (2/6).

Berbeda dengan F-PKS, Saleh menyatakan bahwa BURT sejauh ini memiliki peran yang cukup bagus. “Namun kalau ada usulan itu (rasionalisasi), termasuk dari pengamat dan Formappi ya nanti kita kaji lagi bersama-sama,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Hanura DPR RI ini.

Sebelumnya, Sekretaris F-PKS DPR RI Abdul Hakim menyatakan bahwa fraksinya mengusulkan adanya rasionalisasi BURT. Selama ini, produk kebijakan yang dikeluarkan BURT kerap mengundang kontroversi di tengah masyarakat.

“F-PKS usulkan BURT dirasionalisasi menjadi lembaga setara Kelompok Kerja atau Pokja di bawah Pimpinan DPR. Keanggotaaan Pokja ini pun cukup 9 orang mewakili 9 Fraksi, tidak seperti saat ini yang jumlahnya mencapai lebih dari 50 orang,” ujar Hakim, Rabu (25/5).[JurnalParlemen]

Tags:

Leave a Reply

WordPress͸╠Ô