|

DPR Dukung Penghentian Operasional Merpati

SalehHusin – Anggota Komisi V DPR, Saleh Husin mendukung keputusan Menteri BUMN Dahlan Iskan menghentikan operasi maskapai penerbangan Merpati Airlines.

Pasalnya negara akan semakin terbebani jika maskapai Merpati Airlines masih tetap beroperasi ditengah permasalahan biaya yang terjadi.

“Merpati sudah lama membawa masalah keuangan yang cukup berat dan pemerintah selalu dapat mengcover masalah ini sehingga tetap bisa beroperasi,” ujar Saleh kepada INILAH.COM, Rabu (5/2/2014).

Menurutnya, keputusan pemerintah tetap mengoperasikan penerbangan Merpati Airlines disebabkan maskapai tersebut merupakan perintis yang menjadi penghubung penerbangan di wilayah-wilayah terpencil.

Namun dengan kondisi sekarang dimana banyaknya penerbangan swasta yang sudah beroperasi hampir disetiap wilayah sehingga membuat persaingan Merpati semakin sulit..

“Jadi memang sudah sepantasnya perusahan ini berhenti beroperasi karena tidak mungkin lagi mereka dapat mengatasi beban keuangan yang memang sudah kronis,” ungkapnya.

Untuk itu pemerintah dalam hal ini kementerian perhubungan diminta segera dapat mengatur ulang agar daerah-daerah yang ditinggalkan Merpati Airlines ini bisa tetap melayani penerbangan.

“Sehingga masyarakat dapat terlayani bila ingin bepergian,” tandasnya.

Sebelumnya, makin peliknya kondisi PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) mulai dari gaji pegawai yang belum dibayar, kantor cabang yang terpaksa ditutup, hingga pembatalan penerbangan, membuat maskapai ini terpaksa tidak terbang untuk sementara waktu.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menuturkan, penutupan Merpati hanya sementara. Jika dipaksakan beroperasi justru menambah beban biaya perusahaan pelat merah tersebut.

“Karena beberapa jet itu semakin terbang kan semakin rugi juga jadi misalnya mereka malu dipaksakan terbang dia semakin rugi. Jadi dia konsolidasi,” ujar Dahlan.

Penutupan sementara Merpati diakui akan berdampak negatif terhadap penumpang. Namun Dahlan tidak mempersoalkan. Dahlan beralibi, keputusan ini demi kemajuan Merpati.

“Tapi kalau itu untuk ancang-ancang mau maju kan nggak apa-apa, tinggal komunikasinya. Dibantulah komunikasinya, bahwa ini nggak tutup selamanya bahwa ini untuk masa konsolidasi,” tegasnya. (Inilah)

Leave a Reply

Premium WordPress Themes