|

Menperin Minta Dana Tambahan untuk 13 Kawasan Industri

SalehHusin – Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengaku sudah meminta tambahan anggaran untuk pengembangan 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Perlu ada anggaran tambahan di APBN P agar rencana pengembangan kawasan-kawasan industri itu dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ujar Saleh di Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Pasalnya, dia mengungkapkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, tahun ini menitikberatkan pada pengembangan kawasan industri. Sekedar informasi, Kemenperin tengah mengembangkan 15 kawasan industri yang 13 di antaranya berada di luar Pulau Jawa.

Kawasan industri tersebut di antaranya Bintuni di Papua Barat, Bitung di Sulawesi Utara, Palu di Sulawesi Tengah, Morowali di Sulawesi Tengah, Konawe di Sulawesi Tenggara, Buli Halmahera di Timur Maluku Utara, Bantaeng di Sulawesi Selatan, dan Batu Licin di Kalimantan Selatan.

Selain itu Ketapang di Kalimantan Barat, Landak di Kalimantan Barat, Kuala Tanjung di Sumatera Utara, Seimangke di Sumatera Utara, Tanggamus di Lampung, Gresik di Jawa Timur, dan Sayung di Jawa Tengah.

“Sehingga anggaran yang kami ajukan itu akhirnya memang disepakati oleh Kementerian Keuangan, terutama 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa ini dapat sebagaimana seperti yang diharapkan,” tuturnya.

Saleh berharap, rencana tersebut bisa segera dibahas dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pun, akhir Januari sudah ada keputusan final.

“Nanti pembahasan kita anggaplah mungkin di sekitar akhir-akhir Januari itu sudah final. Sehingga apa yang kita harapkan itu bisa berjalan,” katanya.

Meski begitu, mantan politisi dari partai Hanura ini enggan menyebut besaran tamabahan anggaran yang diminta Kementeriannya. Hanya, anggaran tersebut akan digunakan untuk keperluan adminsitrasi.

“Tidak terlalu besar. Kita hanya untuk memfasilitasi, yang membangun kan adalah pihak swasta. Kami hanya memfasilitasi untuk berbagai macam kelengkapan-kelengkapan administrasi, itu kan memang harus yang mewadahi,” ucapnya.

Sekretaris Jenderal Kemenperin Ansari Bukhari mengatakan, anggaran yang diajukan sementara sebesar Rp1,1 triliun. Ini, berkaitan dengan penugasa kepada Kemenperin yang membangun satu kawasan industri dan memfasilitasi 13 kawasan industri di luar Pulau Jawa. Meski begitu, pembangunan kawasan industri sebagian besar tetap dilakukan swasta.

Ansari mengaku belum bisa mengungkapkan peruntukan anggaran tersebut. Detailnya sedang disusun oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri. (Metrotvnews.com)

Tags:

1 Response for “Menperin Minta Dana Tambahan untuk 13 Kawasan Industri”

  1. Y. Umbu Lado says:

    Tuhan senantiasa menyertai segala upaya baik Bapak.

Leave a Reply

Weboy