|

Menperin Saleh Husin: Yang Bilang Proton Mobnas Siapa?

SalehHusin – Menteri Perindustrian Saleh Husin menegaskan kerja sama yang dilakukan antara pabrikan otomotif asal Malaysia, Proton, dengan PT Adiperkasa Citra Lestari bukan untuk mengembangkan mobil nasional. Kerja sama tersebut tidak melibatkan pemerintah maupun BUMN.

Saleh menuturkan, kerja sama tersebut adalah murni antar perusahaan. Tidak ada sedikit pun anggaran yang dikeluarkan pemerintah melalui APBN.

“Penandatanganan MoU itu murni private to private. Tidak ada campur tangan pemerintah, baik APBN atau BUMN,” tutur Saleh dalam pesan singkatnya, Senin (9/2/2015).

Terkait kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam MoU tersebut, menurut‎ Saleh adalah hal yang wajar seorang pemimpin negara datang bersama delegasi dalam sebuah acara kenegaraan.

“Selama ini kunjungan seorang pemimpin negara mana pun ke luar negeri menyertakan delegasi para pengusaha nasional untuk bertemu dengan pengusaha di negara tujuan. Dari situ komunikasi terjalin dan ujungnya ada kerja sama strategis, seperti investasi dan lain-lain,” papar Saleh.

Saleh mengatakan, produk yang dihasilkan antara kedua perusahaan ini nantinya produk mobil yang sama dengan principal atau Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Saleh juga tidak sepakat bahwa rencana ini disebut sebagai mobil nasional (mobnas).

“Yang bilang mobnas siapa?” tuturnya. (Finance.detik.com)

Leave a Reply

Free WordPress Themes