|

Pemerintah Berikan Insentif bagi Industri Galangan Kapal

SalehHusin – Pemerintah akan memberikan insentif bagi seluruh industri galangan kapal dalam bentuk fiskal maupun nonfiskal. Insentif sejalan dengan visi pemerintah mendorong program berorientasi maritim, di antaranya membangun 24 pelabuhan di Indonesia.

Pemerintah mulai mengkaji insentif untuk industri galangan kapal di Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar industri galangan kapal Tanah Air tumbuh dan menggeliat.

Revitalisasi industri galangan kapal ini serupa yang diberikan pemerintah kepada galangan-galangan kapal yang beroperasi di Batam. Sekaligus menjadi contoh bagi industri galangan kapal yang cukup berkembang.

Menteri Koordinator Maritim Indroyono Soesilo mengatakan baru-baru ini, dari 198 galangan kapal sebanyak 110 di antaranya beroperasi di Batam. Kondisi ini menunjukkan industri galangan kapal di Batam lebih maju ketimbang di daerah lain.

Selain insentif fiskal mulai dari pajak pertambahan nilai, bea masuk, proses perizinan hingga fasilitas pajak penghasilan. Nantinya akan ada insentif nonfiskal. Insentif ini berupa keringanan penyewaan lahan di galangan kapal milik negara.

Saleh Husin menyatakan draf pp ini ditargetkan selesai pada pekan depan. Sejauh ini pemerintah tidak memperhitungkan kehilangan penerimaan negara dari penurunan bea masuk dan PPN.

Yang terpenting, ucap Saleh, insentif dapat menggairahkan industri dalam negeri. Sebab pasar industri galangan kapal sangat terbuka lebar dan bisa merangsang masuknya investasi asing. (Beritasatu.tv)

Sumber video: youtube/beritasatu

Tags:

Leave a Reply

Weboy