|

Saleh Husein: Data Korban KM Bahuga Jaya Bermasalah

SalehHusin – Anggota Komisi V DPR RI Saleh Husein mengatakan data manives korban tabrakan Kapal Motor (KM) Bahuga Jaya dengan kapal kargo Norgas Cathinka tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Komisi V DPR akan menyelidiki kecelakaan tersebut.

“Pendataan nama korban yang diinput tidak sesuai dengan data korban,” kata Saleh Husein di Jakarta, Kamis (27/9). Saleh menyarankan pihak PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) memasukkan nama sesuai dengan kartu identitas korban agar proses klaim asuransi tidak sulit.

Ketua Forum Transportasi Laut Ajiph Razifwan Anwar mengatakan, pengawas jaga kapal penyeberangan harus sesuai dengan kualifikasi dan standar operasional penyeberangan untuk mengantisipasi tabrakan kapal.

“Pihak terkait harus konsisten dengan ketentuan (kualifikasi dan standar operasional penyeberangan) itu. Kalau tidak konsisten, maka (kecelakaan) seperti ini akan kembali terjadi,” kata Ajiph Razifwan.

Ajiph menambahkan, seharusnya biro penjaga penyeberangan harus lulus sebagai pelaut. Perwira jaga itu harus mumpuni. Dia harus lulus sebagai pelaut dengan persyaratan yang harus dipenuhi. Harus diawasi mutunya dari waktu ke waktu setelah jadi pelaut, tidak dilepas tanpa pengawasan.[metrotvnews.com]

Video:

Sumber: MetroTV

Tags:

Leave a Reply

WordPress͸╠Ô