|

Sumpah Pemuda Jadi Pemicu dan Pemacu Generasi Kreatif Indonesia

Foto ilustrasi: Detik.com

SalehHusin – Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan dan terus menjadi inspirasi perjuangan Indonesia di kemudian hari. Tak berhenti saat Proklamasi Kemerdekaan, peringatan Sumpah Pemuda selalu menjadi penggugah semangat ke-Indonesia-an.

“Pernyataan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa merupakan pemersatu dan sekaligus menegaskan identitas bersama yang berlaku sampai kapanpun. Hal ini terasa sekali di banyak kalangan dan segala usia. Termasuk jika kita bertemu dengan generasi muda kreatif, akan terasa sekali semangat nasionalisme mereka, apalagi banyak karya mereka diakui dunia internasional,” kata Saleh Husin di Jakarta, Jumat 28 Oktober 2016.

Menurut Menteri Perindustrian 2014-2016 ini, contohnya terlihat pada pengembangan dan penggunaan motif kain tenun, ukiran, dan arsitektur dari berbagai daerah membuktikan  nasionalisme bangsa Indonesia.

“Tanpa bangga dan cinta, tidak mungkin dihasilkan karya-karya seperti itu. Semangat Sumpah Pemuda jadi pemicu dan pemacu generasi kreatif demi membangun Indonesia,” tegas dia. Semangat yang sama, diakuinya, juga menjadi latar belakang lahirnya inovasi teknologi dan dinamika bisnis serta pada kebijakan politik, ekonomi dan sosial, ,” ujarnya.

Saleh juga mengapresiasi peringatan 88 tahun Sumpah Pemuda yang digagas Presiden RI Joko Widodo nanti malam, Jumat (28 Oktober 2016 ). Gelaran itu bertajuk “Pesta Sumpah Pemuda” dan berupa pertunjukan seni dan budaya.

Terdapat tiga panggung untuk menampilkan sejumlah atraksi yang mewakili seluruh wilayah Indonesia. Acara ini dilaksanakan di Istana Kepresidenan.

Leave a Reply

WordPress Themes